by

Pertahanan Chelsea Jadi Lebih Baik karena Hazard Mainkan Peran False Nine

Prediksipapa.com – Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri menjelaskan maksud lain di balik keputusannya memainkan Eden Hazard dalam peran false nine. Bukan hanya membantu timnya mencetak gol, ternyata peran itu juga membantu Chelsea bertahan lebih baik.

Hazard memang lebih sering bermain dalam peran false nine dalam beberapa laga terakhir. Keputusan ini dibuat karena dua striker Chelsea, Alvaro Morata dan Olivier Giroud, sering kesulitan mencetak gol di laga-laga penting.

Chelsea sudah mencetak 13 gol dalam 11 laga terakhir Premier League, dan Sarri lebih senang memasang Hazard di posisi ujung tombak ketimbang memainkan Giroud atau Morata. Taktik tersebut memang tak selalu manjur, tapi setidaknya Hazard terus memainkan peran penting.

Uniknya, Sarri menilai pertahanan Chelsea jadi lebih baik setelah Hazard lebih sering bermain sebagai false nine.

Defensif Apik

Peran false nine memang cukup unik. Meski berposisi sebagai ujung tombak, Hazard justru lebih sering mundur ke tengah untuk menjemput bola dan mengkreasi serangan. Dia malah lebih sering membuat assist ketimbang mencetak gol.

Sarri menilai berkat permainan Hazard itu, pertahanan Chelsea jadi lebih baik. Pendapat Sarri memang cukup unik, mengingat taktik Chelsea sebenarnya cukup ofensif.

“Saat ini dalam fase defensif kami melakukannya dengan sangat baik, dan menurut saya, salah satu alasannya adalah karena Eden bermain di posisi itu [false nine],” kata Sarri di Sky Sports.

Menikmati

Musim lalu, saat masih ditangani Antonio Conte, Hazard pernah mengeluhkan peran false nine tersebut. Kini, bersama Sarri, pemain Belgia itu jutru tampak menikmatinya, dan Sarri yakin Hazard memang menyukainya.

“Saya memainkan dia di sana karena saya ingin melihat apa yang akan terjadi dengan tiga pemain kecil [di lini serang]. Saya pikir saat ini itu adalah solusi yang sangat bagus karena ketajaman kami tidak berkurang.”

“Dan dalam fase defensif, kami lebih seimbang. Dalam enam laga terakhir kami hanya kebobolan tiga gol, salah satunya penalti,” sambung Sarri.

“Sekarang kami harus berkembang dalam menyerang kotak penalti lawan ketika bolanya berada di luar. Mustahil bagi Eden untuk terus berada dalam kotak penalti.”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed